Halo teman-teman! Kembali lagi bersama Strongholdz Team, setelah membahas program 5RM, latihan untuk wanita hingga memilih Squat Rack yang terbaik, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah tips untuk meningkatkan angkatan kalian pada gerakan seperti Squat, Bench Press, Press hingga mampu membentuk otot lebih besar lagi dengan sebuah teknik rahasia. Pastinya mayoritas dari kalian telah memahami teknik bagaimana caranya melakukan Squat, Bicep Curl apalagi Bench Press, bahkan tak sedikit dari kalian yang telah mampu untuk melakukannya dengan beban cukup berat. Namun, pastinya ada titik dimana kalian akan menemui plateu atau beban tidak bisa bertambah lagi angkanya ataupun otot tidak bisa bertambah lagi ukurannya. Lantas bagaimana caranya melewati fase plateu tersebut?

 

THE PROBLEM

Meskipun tampak tidak melakukannya dengan keliru, tapi ada beberapa kesalahan yang umumnya sering dilakukan ketika kita mengeksekusi gerakan sehingga menyebabkan plateu. Beberapa kesalahan tersebut terbagi dari:

  1. Tidak Full Range of Motion ketika beban berat, kesalahan ini paling sering terjadi pada hampir semua pecinta angkat beban apapun latihannya. Sebagai contoh, ketika beban ringan pada saat Bench Press, kita menurunkan barbell hingga bar menempel pada sternum dan ketika beban mulai berat, kita hanya turun setengah. Resiko dari tidak melakukan full range of motion meliputi cidera pada sendi, tidak terbentuknya otot secara optimal atau menjadikan bagian otot lain yang terlatih.
  1. Tempo naik dan turun tidak teratur, mengatur tempo naik ataupun turun pada saat mengeksekusi gerakan sangatlah berpengaruh besar pada pertumbuhan otot ataupun kenaikan kekuatan. Sebagai contoh pada gerakan seperti Bicep Curl, mengatur tempo turun dengan baik akan memastikan otot bicep berelaksasi maksimal sehingga mampu meningkatkan kemampuan kita untuk mengangatkan beban ke atas dengan baik yang pastinya menjadikan otot bicep terlatih dengan baik. Pada Bicep Curl, kita hanya perlu menggerakkan siku dan menghindari gerakan dari bahu untuk mengangkat beban untuk memastikan otot bekerja dengan optimal.
  1. Jalur gerak barbell tidak konsisten, pada gerakan compound seperti Squat, Bench Press, Press dll sangat penting menjaga gerak Barbell dalam satu garis lurus untuk memaksimal tenaga yang keluar ketika mengeksekusi gerakan. Selain itu, jalur gerak Barbell yang konsisten akan memastikan kita menggunakan otot yang tepat serta selalu pada titik keseimbangan tubuh sehingga kita dapat terhindar dari cidera.

Setelah membaca tiga point diatas, pastinya banyak dari kita yang mulai melihat kembali video latihannya di Instagram. Pastinya banyak yang menggerakan bahunya ketika Bicep Curl berat agar bebannya bisa terangkat naik, Squat turun dengan cepat dan kesulitan mengangkat naik bebannya, Bench Press yang gagal terangkat dan lain-lain.

Dan jangan heran apabila kalian belum mendapat hasil maksimal dari latihan ataupun belum mampu memecahkan rekor angkatannya.

 

THE SOLUTIONS?

Untuk menyelesaikan beberapa kesalahan diatas, Strongholdz memiliki beberapa solusi yang akan membantu kalian untuk memecahkan rekor angkatan atau meningkatkan massa otot. Berikut adalah beberapa point yang harus dilakukan:

  1. Mencari detil informasi mengenai teknik yang baik dan benar, teknik yang baik dan benar memanglah tampak mudah dilakukan. Namun ternyata ada beberapa detil kecil, mulai dari posisi bahu, perut yang harus dikunci dll yang patut diperhatikan ketika mengeksekusi gerakan. Meskipun tampak sepele, tapi beberapa poin kecil ini sangatlah berpengaruh pada kerja otot dan aktivasi otot. Rasanya didunia teknologi yang telah maju seperti sekarang sangatlah mudah mencari informasi mengenai teknik yang baik dan benar.
  1. Berlatih bersama pelatih berpengalaman dan berpengetahuan, pastinya apabila kesulitan atau belum puas dengan hasil pencarian di internet, alangkah baiknya kalian berlatih bersama pelatih yang memiliki pengalaman serta pengetahuan. Seperti halnya di Strongholdz, dengan pelatih berpengalaman dan memiliki segudang pengetahuan mengenai teknik gerakan dan membentuk program latihan, pastinya akan mampu untuk membantu kalian dalam mencapai targetnya. Kalian juga bisa mengikuti online coaching sehingga pelatih akan memantau teknik secara berkala dan mengkoreksinya.
  1. Mengambil sertifikasi kepelatihan atau sertifikasi serupa, dengan mempelajari teori ilmiah pastinya kita akan memahami tenik-teknik berdasarkan fisiologi manusia. Kita juga akan melakukan gerakan dengan mengacu kepada teori yang memang sudah terbukti secara ilmiah dan mampu meningkatkan kekuatan ataupun membentuk otot.

Jangan heran apabila kalian belum bisa mencapai hasil yang diinginkan, karena ternyata latihan tidak hanya sekedar datang ke gym dan mengangkat beban semau kita. Banyak hal yang harus dipelajari dan juga dikoreksi. Maka jangan ragu bertanya ataupun mencari tahu mengenai hal-hal tersebut. Terutama terus pantau Instagram kami di @strongholdzteam dan website kami www.strongholdz.com untuk mendapatkan informasi serta ilmu- ilmu mengenai fitness dan gym yang ter-update!

Related Posts