Manfaat Latihan Menggunakan Barbell

Pernahkah kalian dianjurkan untuk latihan beban menggunakan barbell? Dari banyaknya variasi latihan yang dapat dilakukan menggunakan barbell, kita lebih mengenal istilah seperti angkat berat atau angkat besi sebagai variasi latihan yang biasa dilakukan menggunakan barbell. Sebelum mempelajari gerakan atau teknik latihan menggunakan barbell, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu tujuan dibuatnya barbell.

 

Awal Mula Barbell Digunakan Secara Luas

Pada awalnya barbell dibuat untuk dijadikan sebuah alat rehabilitasi cidera. Seiring berkembangnya jaman dan diadaptasinya barbell menjadi sebuah alat olahraga, kepopuleran barbell sendiri akhirnya menyaingi saudaranya yaitu dumbbell dalam kesertaannya di Olimpiade. Pada awalnya, barbell secara masif diproduksi oleh seorang Jerman bernama Kasper Berg yang berniat untuk mensuplai Olimpiade Jerman pada tahun 1928. Pasca Olimpiade tersebut, konsep Kasper Berg diadopsi oleh seorang pembuat barbell tradisional dari Amerika yaitu York Barbell sampai pada akhirnya barbell dipasarkan secara luas ke publik. Hingga sekarang, barbell digunakan hampir diseluruh pusat kebugaran untuk segala tujuan mulai pembentukan otot, pembakaran lemak ataupun olahraga profesional seperti angkat besi dan angkat berat.

 

Persepsi Terhadap Latihan Menggunakan Barbell

Latihan menggunakan barbell sendiri lebih identik dengan dunia angkat berat dan angkat besi sehingga dipusat kebugaran banyak orang yang masih enggan dalam menggunakan barbell sebagai alat latihan utama.  Isu keamanan atau ketidaktahuan cara penggunaan atau teknik menjadi alasan paling umum didengar. Nyatanya, latihan barbell adalah jenis latihan paling efektif dan paling dianjurkan untuk segala tujuan.  Meskipun terlihat sedikit membosankan, latihan menggunakan barbell memang tidaklah terlihat keren seperti menggunakan mesin di gym komersial. Namun, latihan menggunakan barbell adalah yang paling efisien, karena dapat mengaktifkan otot dan sendi diseluruh tubuh tanpa memakan waktu lama. Sehingga bagi mereka yang tergolong sibuk bekerja atau memiliki banyak kesibukan, latihan menggunakan barbell sangatlah membantu dari segi waktu dan sangat efektif memberikan hasil diinginkan.

 

Manfaat Latihan Menggunakan Barbell

Selain itu pada latihan barbell tidak hanya menambahkan masa otot, tetapi jenis latihan ini mampu memperkuat tendon dan ligamen yang berperan penting dalam menyeimbangkan suatu eksekusi gerakan. Terlebih penurunan densitas tulang umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia, mengangkat beban menggunakan barbell mampu mempertahankan densitas tulang hingga masa tua. Tak hanya melatih otot, tetapi latihan menggunakan barbell membutuhkan kemampuan diri untuk mengkordinasikan organ tubuh untuk mengkontrol gerakan, menyeimbangan tubuh ketika mengeksekusi gerakan agar tidak terjatuh, serta melatih seluruh tubuh memproduksi tenaga untuk mendorong beban naik.

Bagi para atlit ataupun orang pada umumnya, kemampuan kordinasi tubuh yang meningkat akan mempermudah gerakan pada pertandingan maupun aktifitas sehari – hari, tanpa terkecuali mereka yang memiliki keterbatasan dalam gerakan karena badan kaku. Latihan beban menggunakan barbell dengan gerakan baik atau dengan jangkauan gerak penuh pastinya akan membuat tubuh beradaptasi dari segi otot dan sendi sehingga fleksibilitas dan mobilitas ikut membaik. Tak hanya berenti disitu, kelebihan latihan menggunakan barbell dapat dirasakan manfaatnya dari segi mentalitas, terlebih ketika menopang beban berat, diri kita dituntut untuk fokus dan berani, apalagi bagi mereka yang menginginkan progres latihan, pastinya sangat semakin termotivasi ketika melihat beban pada barbell yang semakin bertambah.

 

Kesimpulan

Jadi, bukan hanya aspek fisikal tetapi aspek mentalitas dan psikologisme juga terlatih ketika berlatih beban menggunakan barbell dan beban berat dengan Strength Training. Bahkan cukup hanya dengan menggunakan Barbell dan Power Rack, kalian dapat mendapatkan tubuh impian, performa optimal, serta mental yang kuat! Lalu apakah untuk menjadi kuat ataupun sehat butuh biaya yang banyak? TIDAK. Butuh banyak alat untuk berlatih? TIDAK. Maka jangan takut untuk mulai berlatih menggunakan barbell sejak dini, ditambah dengan pantauan professional pasti hasilnya akan lebih maksimal.

Related Posts