Punya lengan sebesar Spongebob pastinya adalah impian tiap laki – laki yang masuk ke gym. Secara psikologis, memiliki lengan besar mampu meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu dari segi pandangan sosial, kita lebih dihargai karena tampak “macho” atau maskulin. Bukanlah hal yang keliru untuk memiliki tangan sebesar Spongebob seperti gambar disamping, tetapi sama halnya dengan kejadian di episode tersebut, bahkan untuk mengangkat secangkir gelas pun Spongebob tidak mampu. Sandy yang menjadi peran antagonis pada episode tersebut, meskipun tidak terlihat berotot namun mampu melempar jangkar dan mengalahkan Spongebob. Dan akhirnya, Spongebob pun mengakui bahwa lengannya adalah palsu.

 

BIG IS NOT ENOUGH

Banyak yang menyamakan otot besar dengan kekuatannya, tapi jangan heran banyak binaraga profesional yang memiliki tangan sebesar kepala tapi hanya mengangkat beban yang tergolong ringan ketika latihan. Tidak ada yang salah dengan cara berlatih demikian, begitu juga dengan memiliki ukuran lengan besar, namun kembali pada kisah Spongebob, apakah badan yang besar tersebut cukup berguna ketika dibutuhkan? Seperti halnya ketika mengangkat galon air mineral, berlari ketika ada suatu hal terjadi ataupun lombat melalui rintangan.

Pasti, jawabannya adalah TIDAK! Selain itu dari segi pergerakan, kadang kala badan terlalu besar akan menghambat kita untuk bergerak pada gerakan tertentu seperti jongkok, mendorong melewat kepala, berotasi dan sebagainya. Akhirnya aktivitas sehari – hari pun banyak menemui kesulitan karena ukuran tubuh yang terlampau besar dan gerakan tidak cukup fleksibel.

Lantas, apa sebenarnya tujuan kalian berlatih? Apakah sekedar ingin badan besar atau ingin mempermudah aktivitas sehari – hari atau menunjang hobi berolahraga lainnya?

 

THE STRONGEST WILL WIN!

Terlepas dari segala pesan moral dari sebuah film, ada suatu hal menarik yang patut diperhatikan pada setiap serie film superhero. Mulai dari musuh dan ketua dari suatu kelompok aliansi superhero. Musuh terkuat akan selalu muncul pada suatu serie khusus dan dilawan oleh sekumpulan superhero yang digolongkan sebagai terkuat dikelasnya. Pernahkah kalian bertanya kenapa musuh terkuat hanya muncul pada serie tertentu dan superhero terkuat juga muncul pada serie tersebut untuk mengalahkan musuhnya? Yang jelas Spongebob pastinya tidak termasuk dalam kategori terkuat, jawabannya adalah THE STRONGEST WILL WIN!

Selain bentuk kerjasama mempertahankan bumi, tetapi musuh dan superhero terkuat menjadi ajang pembuktian kekuatan satu sama lain. Setelah WIN pastinya kita dapat SURVIVE! Sebagai contoh, kenapa Thanos hanya keluar pada serie Avengers, karena bila kemunculannya ada pada film Spiderman pastinya tidak akan perlawanan dari Spiderman ketika saling adu kekuatan. Karena bisa dibilang Spiderman sendiri tidaklah kuat, melainkan hanya memiliki sebuah kekuatan unik didalam dirinya karena digigit laba – laba. Oleh karena itu juga karakter seperti Hulk, Thor menjadi tokoh idola atau paling diharapkan bisa mengalahkan Thanos. Karena bukan hanya mengandalkan badan berotot dan besar ataupun wajah tampan, tapi mereka superhero yang selain memiliki badan bagus tetapi juga KUAT!

 

STRONG IS THE REAL STRENGTH

Nah, seperti halnya latihan di gym, ketika kalian menggunakan mesin atau sekedar dumbbell, pastinya kalian bisa mendapatkan tubuh impian apalagi dengan ditunjang oleh pola makan yang baik. Hanya apakah badan bagus saja cukup? Bisakah kalian bergerak dengan baik? Sama halnya dengan Spongebob ataupun superhero semacam Spiderman, kedua tokoh ini memiliki tubuh ideal, tapi hanya sekedar itu. Begitu juga bila kalian latihan di gym hanya menggunakan dumbbell ataupun mesin, pastinya tidak akan menjadi sekuat orang yang berlatih dengan Barbell. Tapi, orang yang berlatih menggunakan barbell pasti mampu mengangkat beban pada mesin dan juga dumbbell.

Lalu, apakah latihan menggunakan Barbell bisa membentuk badan ideal? PASTI! Badan ideal bisa terbentuk menggunakan Barbell bahkan lebih cepat daripada menggunakan dumbbell ataupun mesin. Selain itu kalian juga akan menjadi kuat, mampu bergerak lebih baik ataupun memiliki tenaga yang lebih besar.

Contoh – contoh latihan menggunakan barbell sangatlah sederhana. Kalian hanya membutuhkan sebuah Squat Rack, Barbell, Flat Bench dan Weight Plate. Latihan yang dapat dilakukan dengan alat tersebut sangatlah banyak dan bervariasi, seperti :

  1. BARBELL BACK SQUAT, latihan ini bermanfaat untuk membentuk otot kaki, memperkuat otot perut dan juga memperkuat otot punggung. Selain melatih ketiga otot tersebut, latihan ini menggunakan sendi mulai dari ankle, lutut serta pinggul untuk bergerak. Gerakan ini sangatlah bermanfaat juga bagi para atlit MMA, Sepak Bola, Basket dll.
  1. BARBELL DEADLIFT, selain membentuk otot kaki terutama bagian belakang, latihan ini juga membentuk punggung secara keseluruhan. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan perfroma atletik. Terutama bagi mereka yang menggeluti olahraga seperti basket, sepak bola, rugby, sprint latihan sangat bagus karena dapat meningkatkan kinerja otot kaki bagian belakang serta kekuatan seluruh tubuh.
  1. BARBELL PRESS, tak hanya kekuatan otot kaki, melatih tubuh bagian atas menggunakan barbell juga sangatlah penting. Latihan ini dapat memperkuat otot bahu, pundak serta lengan bagian belakang. Latihan press sendiri sangat bermanfaat bagi atlit basket, baseball, MMA dll karena umumnya olahraga mereka banyak mengandalkan kekuataan otot bahu.
  1. BARBELL BENCH PRESS, gerakan yang dilakukan dengan merebahkan tubuh bagian atas pada bench ini adalah pilihan utama bagi mereka yang ingin membentuk otot dada. Selain itu, latihan ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan horizontal power pushing dan dapat dirasakan manfaatnya pada jenis olahraga seperti MMA, Rugby dsb.
  1. SNATCH, latihan ini melatih seluruh otot tubuh mulai dari bagian bawah hingga atas secara bersamaan. Gerakannya sendiri membutuhkan kemampuan fisik yang optimal mulai dari aspek, kekuatan, kordinasi, keseimbangan hingga stamina karena membutuhkan daya ledak tinggi ketika mengeksekusinya. Manfaat dari snatch sendiri bisa dirasakan oleh semua orang yang menginginkan bergerak gesit, eksplosif dan cepat.
  1. CLEAN AND JERK, tidak hanya mengandalkan otot kaki, latihan ini membutuhkan kekuatan seluruh tubuh untuk mengangkat beban dari lantai hingga ke bahu depan dan dilanjutkan dengan mengangkat hingga melewati atas kepala yang akan membentuk pundak menjadi semakin kekar.

 

Selain ke-enam gerakan tersebut, banyak variasi lain yang dapat dilakukan dengan barbell dan sangat bermanfaat bukan hanya sebagai latihan pembentukan otot, tetapi juga meningkatkan fleksibilitas, mobilitas, atletiksisme, hingga kekuatan. Dengan latihan – latihan tersebut pastinya manfaat dapat dirasakan pada kegiatan sehari – hari ataupun pada olahraga lainnya yang membutuhkan performa optimal.

Tidak hanya memiliki tubuh maskulin dan atletis dengan pundak tinggi, tangan berurat, dada tebal tetapi kalian dipastikan mampu melemparkan jangkar seperti Sandy pada serial Spongebob dan mengangkat palu Mjolnir milik Thor yang super berat!

Related Posts