Tips Berhenti Bingung Berlatih Beban

Seperti kebanyakan orang yang tidak memiliki latar belakang atau ilmu mengenai dunia kebugaraan atau angkat beban, pastinya kita akan mengalami kebingungan saat memasuki pusat kebugaran. Hal tersebut adalah wajar, mengingat kita masih dalam proses belajar untuk menjalani sebuah gaya hidup baru. Tetapi, pada kenyataannya banyak dari kita yang rutin latihan tapi tidak mendapatkan hasil. Datang ke pusat kebugaran, 1 jam, 2 jam, 3 seminggu, 2x sehari tapi tetap tidak mendapatkan tubuh impiannya. Lantas apa masalah sebenarnya dari fenomena semacam ini?

KNOWLEDGE IS POWER. – FRANCIS BACON

Bila mengacu dari kata – kata filsuf kenamaan tersebut, bisa disimpulkan bahwa masalah utama ketika kita ingin mulai angkat beban adalah kurangnya pengetahuan mengenai angkat beban. Entah teknik atau sekedar yang mana yang harus dilakukan terlebih dahulu.

MONKEY SEE MONKEY DO

Saking tidak mengetahui apapun mengenai dunia angkat beban, sering kali ketika kita masuk ke dalam pusat kebugaran, kita hanya mengikuti kata – kata seorang instruktur di tempat tersebut, yang parahnya tanpa mencari informasi kebenaran apa yang diajarkan, ataupun mempertanyakan kapabilitas daripada instruktur tersebut.

SMALL IMPROVEMENT EVERYDAY

Kasar memang, tapi itulah sebuah kenyataan, tidak mengerti, tidak bertanya dan tidak konsisten. Biasanya hal ketiga ini sering terjadi pada pemula karena banyak faktor, salah satunya karena turunnya motivasi karena tidak kunjung mendapatkan hasil dari latihannya.

 

Jadi, jangan heran apabila para pemula tidak kunjung mendapat hasil ketika masuk ke tempat gym karena 3 hal tersebut sangat umum terjadi di tempat kebugaran manapun. Ditambah, untuk mendapat pengetahuan yang terbukti pastinya butuh dana dan usaha besar pula, 3 faktor awal tadi bisa dibilang adalah faktor internal yang membuat kita terus terbelenggu dalam lingkaran setan penyumbang biaya keanggotaan tempat kebugaran. Ada beberapa faktor lainnya yang didorong dari pihak luar dan membuat sebuah kesalahan dalam latihan itu membudaya, sbb:

APAPUN TUJUAN LATIHANNYA, HARUS KARDIO LEBIH DULU 30 menit!

Ya, ketika kalian masuk ke tempat kebugaran dan dilatih oleh seorang instruktur yang mengarahkan latihan apa pasti kita diminta untuk kardio terlebih dahulu selama 30 menit. Entah, mau menurunkan berat badan, ataupun menaikkan masa otot.

MENGGUNAKAN SEMUA ALAT MESIN DI GYM

Entah karena malas, atau tidak mengerti cara melakukan gerakan dasar dan compound pasti kita diminta untuk latihan menggunakan semua alat mesin di gym, dan hal tersebut pastinya akan kita lakukan ulang ketika latihan sendiri!

LATIHAN PERUT SAMPE KRAM OTOT ATAU LATIHAN “ FUNCTIONAL “

Mungkin ini pola berjualan paling buruk dalam jasa pelatih kebugaran, karena bualan untuk mendapatkan perut kotak – kotak dengan berlatih perut itu sudah mendarah daging. Selain itu dengan trend sekarang, kita diminta untuk melakukan latihan seperti melompat – lompat yang tidak sesuai tujuan latihan kita. Terlebih lagi bagi mereka yang kelebihan bobot badan bisa cidera lutut! Apalagi yang jompo!

 

Nah, karena 3 kesalahan umum itu sering terjadi, maka STRONGHOLDZ akan memberikan sebuah rahasia latihan paling efektif dan efisien tanpa memerlukan alat keren atau gerakan yang rumit seperti melompat – lompat!

  1. PELAJARI GERAKAN COMPOUND

Gerakan compound adalah suatu gerakan yang melibatkan 2 atau lebih jenis otot dan sendi. Bagi yang mau kurus pastinya latihan compound sangatlah efektif, untuk yang ingin menambah masa otot pun demikian. Rangsangan terhadap tubuh akan semakin besar apabila kita melatih banyak otot, jadi bagi mereka yang dalam fase penurunan berat badan akan sangat terbantu dengan pembakaran dan penggunaan energi banyak tersebut dibanding jalan diatas treadmill. Kemudian bagi yang ingin menaikkan berat badan, latihan jenis ini sangatlah bagus menambah nafsu makan kalian dan membentuk otot maksimal besar, kuat dan merata.

  1. LAKUKAN GERAKAN MENGGUNAKAN BARBELL

Dengan menggerakkan banyak otot serta sendi didalam tubuh, penggunaan barbell akan meningkatkan produksi hormon pembentuk otot di dalam tubuh dan pembakar lemak. Dibandingkan mesin yang hanya melatih satu bagian otot dan satu jenis sendi maka tidak terlalu merangsang hormon untuk membakar lemak ataupun membentuk otot.

  1. LATIHAN STRENGTH TRAINING

Bagi kalian yang kurus pastinya bisa menaikkan masa otot lebih signifikan apabila memiliki strength yang cukup.

Contoh :

  1. 100kg x 10 reps = 1000kg
  2. 40kg x 10 reps = 400kg

Ada dua orang yang sama – sama berlatih, orang pertama terus menambah kekuatannya hingga mampu mengangkat 100 kg untuk 10 repetisi. Yang lainnya hanya 40kg untuk 10 repetisi. Lalu manakah yang memiliki masa otot lebih besar? Pasti 100 kg! Prinsipnya adalah semakin banyak volume semakin banyak otot terbentuk.

Begitupun dengan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan!

Contoh :

  1. Kapasitas mesin 100cc, bensin 10lt
  2. Kapasitas mesin 150cc, bensin 15lt

Manakah yang membakar energi lebih banyak? Pastinya 150cc kan? Nah, disitulah prinsip latihan kekuataan diterapkan, yaitu menambah kekuatan dan masa otot (mesin) untuk membakar lebih banyak energi atau kalori! Maka, kita akan cepat dalam menurunkan berat badan karena masa otot kita yang banyak juga!

Contoh latihan beban menggunakan Barbell, sbb :

  1. Barbell Back Squat
  2. Barbell Deadlift
  3. Barbell Bench Press
  4. Barbell Press
  5. Thruster
  6. Clean and Jerk
  7. Snatch
  8. Dll

Lalu, kapan kita harus menggunakan mesin?

  • Pada saat rehabilitasi cidera;
  • Adanya ketidakseimbangan otot;
  • Volume latihan menggunakan barbell sudah cukup tinggi;
  • Fatigue ketika menggunakan beban ataupun sudah

Kemudian, kapan kita harus berlatih kardio?

  • Ketika kita tidak bisa lagi defisit kalori;
  • Kesehatan jantung terganggu;
  • VO2 max rendah;
  • Hobi kardio;
  • Atau ingin mengikuti sebuah kompetisi kardio

Jadi, mulailah latihan compound movement menggunakan barbell! Dijamin hasil lebih efektif dan efisien! Tunggu apalagi?

Nah, setelah mengetahui latihan apa yang harus dilakukan, ayo langsung belajar menggunakan barbell sebagai alat utama latihan! Hanya di @STRONGHOLDZTEAM kalian bisa mendapatkan pelatih berpengalaman dan bisa memberikan hasil latihan maksimal kepada kalian!

Related Posts