Wanita Zaman Now Latihan Strength Training

Angkat beban? Pasti umumnya olahraga ini identik dengan para lelaki berbadan besar, mengangkat sebuah barbell dengan beban sangat berat hingga identik dengan penggunaan doping. Mungkin itulah sebabnya banyak wanita menghindari angkat beban sebagai pilihan berolahraga, ditambah banyak mitos-mitos beredar membuat para wanita semakin takut mengangkat beban.

MITOS

Sebagai contoh, mitos-mitos yang paling sering terdengar ialah: angkat beban akan membuat wanita menjadi berbadan besar bagaikan Hulk dan menjadi berotot seperti binaraga; sulit menghilangan lemak karena angkat beban justru malah menambah besar; kardio olahraga terbaik untuk memangkas lemak; dan sebagainya. Lalu sebenarnya, apakah semua pandangan dan mitos yang beredar itu benar?

Jawabannya adalah tidak! Wanita tidak mungkin memiliki badan besar seperti Hulk, karena wanita tidak memiliki hormon testosteron sebanyak pria untuk membangun otot. Apalagi hingga memiliki otot bak binaraga laki–laki. Patut diketahui bahwa wanita-wanita berotot kekar di internet telah mengkonsumsi doping atau meng-inject hormon testosteron ke tubuhnya untuk memiliki otot besar bagai lelaki.

MANFAAT

Karena hal-hal diatas, banyak wanita yang menghindari Strength Training. Padahal jika melihat manfaatnya dari aspek fisik, Strength Training sendiri dapat memperbaiki postur tubuh hingga membentuk badan. Jika diambil contoh, para wanita yang khawatir karena memiliki bokong rata akan mendapatkan bokong indah seperti Kim Kardashian dengan mengangkat beban. Kok bisa? Tentu bisa, karena bokong kita memiliki otot yang dapat dibentuk dengan latihan Strength Training. Selain itu, banyak wanita yang memiliki masalah dengan lengan bergelambirnya. Bagi mereka yang rutin latihan Strength Training, pasti akan mendapatkan lengan kencang karena mereka memilki otot yang membuat lemak hilang dibagian lengan tersebut dan membentuk tangan menjadi kencang. Terakhir, pastinya wanita sering kali khawatir dengan lemak membandel diperut ataupun kurang kencang, karena kurangnya massa otot pada tubuh dan tingginya lemak pasti akan membuat otot perut kita menjadi lembek. Sebagai solusinya, maka dari itu Strength Training akan membantu para wanita mendapatkan otot perut impiannya.

 

Namun jangan khawatir, kalian tidak akan menjadi besar bagaikan Hulk setelah rutin latihan Strength Training. Tidak mungkin tubuh kalian akan menjadi besar seperti laki-laki, karena seperti yang sudah dijabarkan di atas, wanita tidak memiliki hormon testosteron sebanyak pria. Justru wanita lebih rentan kehilangan massa otot serta kepadatan tulang seiring berjalannya usia dan memiliki hormon estrogen yang tinggi. Strength Training akan mengurangi resiko penurunan massa otot yang akan merusak postur tubuh. Selain itu, Strength Training akan meningkatkan efektifitas penyerapan kalsium ke tulang sehingga sangatlah baik bagi wanita karena dapat menjaga kepadatan tulang, apalagi wanita akan menghadapi fase menopause, yang dimana penurunan kepadatan tulang akan terjadi lebih cepat daripada sebelum menopause, sehingga menjaga kepadatan tulang dengan Strength Training sangatlah dianjurkan.

Dari aspek hormonal, Strength Training sendiri akan meningkatkan sensitivitas insulin pada wanita yang berdampak positif, yaitu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sehingga dengan sensivitas insulin yang baik, kalian akan meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak menjadi energi untuk beraktifitas.

Kemudian bagi para Ibu yang baru saja melahirkan, sering kali pastinya mengeluhkan kondisi tubuh karena bobot tubuh meningkat drastis, kulit perut menjadi tidak kencang meskipun berat badan sudah turun, bentuk tubuh jadi tidak karuan, dan sebagainya. Solusinya adalah latihan Strength Training! Perut yang tidak kencang tadi harus dilatih untuk mengencangkannya kembali, tubuh dapat dibentuk kembali menjadi ideal dengan latihan Strength Training.

Ingin punya bentuk tubuh ideal? Atau ingin punya perut kencang pasca melahirkan? Ayo mulai latihan Strength Training! #Jangankasihkendor

Related Posts