Beberapa tahun belakangan ini, olahraga Muay Thai semakin banyak diminati di Indonesia. Berbagai kalangan pun mencoba olahraga beladiri yang berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand, ini. Memang, ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan berlatih Muay Thai. Tak pelak, kelas-kelas khusus Muay Thai pun bermunculan dimana-mana.

Nah, kamu tertarik ingin memulai latihan Muay Thai ini? Namun, sebelum itu, kita perlu mengetahui lebih jauh apa dan bagaimana sih sebenarnya seni bela diri Muay Thai itu?

 

Apa itu Olahraga Muay Thai?

Olahraga bela diri Muay Thai atau Thai Boxing adalah seni bela diri keras dari Kerajaan Thailand. Muay Thai sendiri merupakan turunan dari bela diri kuno Muay Boran.

Hampir semua teknik dalam Muay Thai menggunakan gerakan seluruh tubuh. Seperti memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku maupun tangkisan.

Mempelajari Muay Thai bukan hanya mampu meningkatkan kemampuan bertahan diri, melainkan juga dapat membakar banyak lemak didalam tubuh, meningkatkan stamina tubuh, serta membentuk otot-otot tubuh.

Kelas Latihan Muay Thai di Strongholdz

 

Keistimewaan dan Manfaat Muay Thai dibandingkan olahraga lain

Berjamurnya kelas-kelas Muay Thai belakangan ini tentu menyisakan tanda tanya bagi kita mengapa olahraga bela diri Muay Thai ini begitu diminati oleh berbagai kalangan.

Kombinasi bela diri pada Muay Thai menggunakan gerakan kaki, tangan, dan tubuh yang selalu bergerak menerjang lawan nyatanya menjadi sebuah pilihan akan ilmu bela diri bagi para peminatnya.

Nah, ada berbagai macam alasan mengapa Muay Thai ini menjadi lebih istimewa dibandingkan olahraga lainnya. Tak salah sehingga banyak digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan belakangan ini.

Berikut kami rangkum beberapa keistimewaan sekaligus manfaat Muay Thai.

  1. Kombinasi gerakan yang lebih komplit

    Muay Thai memiliki kombinasi gerakan yang sangat komplit bila dibandingkan dengan olahraga lain. Baik untuk gerakan-gerakan menyerang maupun bertahan.

    Gerakan menyerang pada Muay Thai tak hanya tentang memukul, namun juga terdapat gerakan menyikut, menendang, dan membanting. Hanya penamaannya saja yang berbeda-beda.

    Sebagai contoh, dalam gerakan memukul ada memukul cobra, jab, atau memukul upper, dan lain-lain.

  2. Membakar kalori lebih baik dan lebih banyak

    Karena banyaknya gerakan-gerakan pada Muay Thai, secara otomatis mendorong kita semakin banyak bergerak dibandingkan dengan olahraga lain. Dengan begitu, pembakaran jumlah kalori oleh metabolisme tubuh menjadi jauh lebih besar.

    Tentu olahraga ini memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

  3. Muay Thai menjaga stamina secara keseluruhan

    Melanjutkan manfaat Muay Thai yang membakar kalori lebih banyak diatas, tentu dapat meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan. Sehingga kita tidak akan mudah lelah dalam beraktivitas. Selain itu, daya imunitas tubuh pun semakin terjaga.

  4. Muay Thai bikin tenang dan fokus dalam berpikir

    Walau memiliki banyak gerakan-gerakan yang cepat dan lincah, dalam olahraga bela diri Muay Thai juga membutuhkan fokus dan daya konsentrasi yang tinggi serta ketenangan pikiran. Fokus, konsentrasi dan ketenangan pikiran pada seni bela diri Muay Thai ini dilakukan untuk mengamati lawan tanding.

  5. Dapat dilakukan oleh siapa saja

    Seni bela diri Muay Thai bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, pria, maupun wanita. Tak heran memang olahraga ini sangat mudah diterima oleh masyarakat. Tak hanya lintas generasi maupun gender, namun Muay Thai dipelajari juga oleh lintas strata sosial yang menginginkan manfaat kesehatan, maupun perlindungan dalam kehidupan sehari-hari.

  6. Sebagai sarana pembentuk badan yang ideal

    Dengan gerakan-gerakan Muay Thai yang lincah disertai kekuatan dalam memukul, menyikut, serta menendang, olahraga ini dapat pula menjadi sarana pembentuk badan yang ideal. Bahkan, Muay Thai jauh lebih baik bila dibandingkan dengan olahraga fitness yang hanya membakar jumlah kalori ayng lebih sedikit.

    Tentu, apabila Muay Thai ini dilakukan secara rutin.

  7. Membantu kulit kita agar tampak lebih bercahaya

    Kamu tak salah membaca. Ya, Muay Thai juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit sehingga lebih nampak bercahaya secara alami.

    Zat kotoran dan racun yang keluar bersama keringat hasil dari berolahraga gerakan-gerakan Muay Thai inilah yang akan membantu kulit kita menjadi lebih sehat.

Menarik, bukan?

7 keistimewaan dan manfaat Muay Thai di atas sudah lebih dari cukup untuk membuat kamu tertarik dengan Muay Thai ini, bukan?

Tak hanya bermanfaat untuk perlindungan diri saja, namun berbagai manfaat bagi kesehatan bisa kita dapatkan dengan belajar Muay Thai ini secara serius dan rutin.

Salam.